Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Kisah Unik Bacan, Negeri Para Raja


Mengenal Kisah Unik Bacan, Negeri Para Raja - Batu Cincin | Wilayah Timur Indonesia mempunyai latar histori atau sejarah yang fantastis. Salah satunya ada di Pulau Bacan, inilah negara para raja yg hebat berkuasa di masanya yang saat ini dikenal dengan batu cincin batu bacan nya.

Sejak berabad dulu, kepulauan di seputar Maluku belum dikenal batu cincin batu bacan, melainkan menjadi penghasil rempah yg tidak sedikit dicari beragam bangsa. Para pedagang Arab serta berkelana hingga ke area ini buat berdagang. Siapa sangka nama "Maluku" berasal dari bahasa Arab?
Pulau-pulau penuh ketajiran hasil bumi ini dijuluki “Jazirat Al-Mulk” oleh para saudagar dari Arab. Kata tersebut berarti : Negara Raja-Raja. diluar itu, dikenal pula, Istilah“Jazirah tuil Jabal Mulku“ bersama Pulau Halmahera juga sebagai pulau induk di kawasan ini.

Mengenal Kisah Unik Bacan, Negeri Para Raja

Istana Kesultanan Batjan
Istana Kesultanan Batjan (Wikipedia)

Dari kata Muluk & Mulku inilah yg selanjutnya jadi Moluco menurut ucapan & ortografi orang Portugis, Moluken menurut orang Belanda & terakhir orang Indonesia sendiri dinamakan Maluku.

Negara Raja-Raja ada sebab di kepulauan ini terdiri atas Kesultanan Moloku Kie Raha, merupakan :

1. Kesultanan Bacan
2. Kesultanan Jailolo
3. Kesultanan Tidore
4. Kesultanan Ternate

Istana Kesultanan Batjan

Kesultanan Bacan yaitu satu buah kerajaan yg berpusat di Pulau Bacan, Kepulauan Maluku. Wilayah kekuasannya cukup luas sampai Papua.

Bacan dalam Kesultanan Moloku Kie Raha ialah : memasok logistik. Bacan dalam sekian banyak manuskrip histori tidak jarang pun ditulis sbg Bachian, Bachanatau Batjan; & diduga telah eksis sejak thn 1322.

Tidak Sedikit kepala suku di wilayah Waigeo, Misool & sekian banyak daerah lain berada di bawah administrasi pemerintahan Kesultanan Bacan kepada periode jayanya.
Pengaruh bangsa Eropa perdana di Pulau Bacan diawali oleh Portugis yg setelah itu membangun benteng terhadap thn 1558. Bernevald Fort yaitu benteng Portugis yg tetap utuh berdiri di Pulau Bacan hingga kini. Tepat pada tahun1609 benteng ini diambil alih oleh VOC yg menandai awal penguasaan Hindia Belanda di Pulau Bacan.

Istana Kesultanan Batjan
Istana Kesultanan Batjan

Bacan di periode trendi kekinian

Apa yg sekarang amat sangat ternama & populer bersama nama "Bacan"? Bila anda teringat kepada batu akik atau batu cincin yg saat ini sedang tren, jawabannya benar. Batu cincin Batu bacan paling diminati sebab harga batu cincin ini yg mahal.

Batu bacan ialah batu cincin yg amat khas dari wilayah Bacan & tak diketemukan di wilayah lain di bumi ini. Sebenarnya, batu bacan terdapat di pulau Kasiruta & bukan pulau Bacan, sebab pusat pemerintahan terdapat di Labuha, pulau Bacan sehingga batu cincin tersebut dinamai batu bacan. 

Lalu, batu bacan tak dihargai semahal seperti kini lantaran dahulu tak ada kastemer lokal & pengguna batu cincin dari luar daerah. Kepada th 1990an batu cincin batu bacan berbentuk bongkahan kurang lebih 10 kg dgn kategori nomor wahid mula-mula kali dibeli oleh turis dari Singapura bersama duit ribuan dollar Singapura (yg nilainya diganti rupiah yang pada masa tersebut kurang lebih 7 juta ).

Batu Cincin Bacan
Batu Cincin / Batu Akik Bacan

Pembelian batu bacan oleh orang singapura dgn harga yg periode itu cukup tinggi menyebabkan batu bacan sejak mulai dikenal di kalangan pecinta batu cincin mancanegara. Sebenarnya warna batu bacan tidak cuma hijau & biru, ada yg merah & putih, tapi amat sangat susah didapat.

Tidak Sedikit kalangan menyebutkan batu bacan sbg batu giok asal Indonesia, oleh sebat itulah dicari oleh kolektor yg rata rata orang Tionghoa. Batu cincin ini tidak sedikit di ekspor ke China, Korea & Taiwan. Lucunya, sesudah batu bacan tiba di sana mereka mengklaim batu cincin ini dari negeri mereka sendiri dengan memberikan sertifikat paten.

Tidak Cuma lantaran "giok" yg menjadikannya mahal, butuh perjuangan meraih batu bacan. Ada penambang batu bacan mencari batu bacan sanggup memperoleh 1-2 pekan, ada pun tatkala berbulan-bulan tak meraih batu bacan di area. Ada penambang batu bacan yg meninggal jatuh korban lantaran tertimpa batu, tertimpa pohon, & ada pun yg sakit.

Begitulah perjalanan histori batu cincin batu bacan. Dari satu buah negara lokasi lahirnya para raja tapi sekarang terkenal dikarenakan komoditas tidak serupa yaitu batu cincin. Apakah Bacan masih mempunyai tempat-tempat wisata indah juga bersejarah selain batu cincin? Lain peluang kita akan ungkap, ya.

Ingat, gunakanlah batu cincin batu bacan sebatas perhiasan dunia saja, karena banyak juga yang memuja dan mengangungkan batu cincin batu bacan ini sehingga terseret dalam sifat menyekutukan Tuhan. Tidak ada daya dan upaya yang di miliki makhluk, karena semua daya dan upaya mutlak hanya milik Sang Khalik.

Demikian pengetahuan tentang batu cincin mengenai Mengenal Kisah Unik Bacan, Negeri Para Raja. Semoga dengan kita membaca Mengenal Kisah Unik Bacan, Negeri Para Raja, maka dapat menambah wawasan kita dalam ranah batu cincin. Temukan bahasan batu cincin lainnya hanya di blog batu cincin.. Janganlah lupa untuk membookmark blog batu cincin ini apabila di rasa butuh buat anda jadikan referensi. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan informasi ini.


Sumber Referensi dan Photo Credit:
apakabardunia.com
arekindo.blogspot.com, telukbone.blogspot.com, wikipedia.com

Post a Comment for "Mengenal Kisah Unik Bacan, Negeri Para Raja"